Google Yahoo Msn
News Update :

Senin, 30 Januari 2012

Home » , , , , » Syahadat Memasukkan seseorang Kedalam Jannah dan Menjauhkannya dari An Naar

Syahadat Memasukkan seseorang Kedalam Jannah dan Menjauhkannya dari An Naar

Tiada tempat kembali yang lebih baik dan lebih mulia, melainkan syurganya dan meraih keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah yang dicita-citakan oleh semua orang, ini terbukti ketika dilontarkan pertanyaan kepada mereka, semua sepakat dan berharap dapat masuk kedalam syurga. Dengan apakah seseorang bisa menggapainya…?. Rosulullah telah memberi jawaban dari pertanyaan ini beliau bersabda,

فَإِنَّ الله حَرَّمَ عَلَى النَّارِ مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إَلَّا الله، يَبْتَغِي بِذَلِكَ وَجْهَ الله
“Sesungguhnya Allah mengharamkan neraka bagi orang yang mengucapkan la ilah illallah (tiada sesembahan yang berhak selain Allah) dengan ikhlas dari hatinya dan mengharapkan (pahala melihat) wajah Allah.” Dan Rosulullah bersabda,
مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا الُله دَخَلَ الجَنَّةَ عَلَى مَا كَانَ مِنَ العَمَلِ
“Barang siapa yang mengucapkan syahadat la ilaha illallah, niscaya akan masuk syurga, betapa pun amal yang telah diperbuatnya.”
 
Syaikh Abdurrahman hasan Alu Syaikh menjelaskan barang siapa bersyahadat (bersaksi) bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, maksudnya, mengucapkannya dan mengetahui artinya serta mengamalkan tuntutannya, baik secara lahir maupun batin, niscaya Allah akan memasukannya kedalam syurga. Maka dalam dua syahadat itu harus ada pemahaman, keyakinan dan pengamalan yang ditunjukkan sebagaimana firman Allah, Maka ketahuilah, bahwa tidak ada Ilah (Yang Haq) melainkan Allah. (QS. 47:19). 

Adapun mengucapkannya tanpa memahami artinya dan tidak ada keyakinan serta pengamalan isi kandungannya, yaitu berlepas diri dari syirik dan ikhlas dalam ucapan dan perbuatan, yakni ucapan hati (I’tiqad) dan lisan (ikrar) dan perbuatan hati, lisan dan anggota tubuh, maka menurut kesepakatan para ulama. Hal itu tidak ada gunanya. Maka Allah akan memasukan kedalam syurga betapa pun amal yang telah diperbuatnya. Maksudnya, baik amal shalih ataupun amal buruk, karena ahlu tauhid pasti masuk syurga.

Syakhul islam dan lainnya berkata, hadist ini dan sejenisnya menerangkan bahwa, hadist-hadist yang menjanjikan syurga bagi orang yang mengucapkan la ilaha illallah adalah bagi orang yang mengucapkannya dan mati dalam keadaan bertauhid. Maka barang siapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan berhak disembah kecuali Allah secara ikhlas maka ia akan masuk syurga.

Dari penjelasan diatas terbukti bahwa syahadat tauhid merupakan kunci yang akan mengantarkan seseorang masuk kedalam syurganya. Tentunya dengan melaksanakan konsekuensi-konsekuensinya dan konsisten diatasnya sampai akhir hayat.
Share this article :

Posting Komentar