Google Yahoo Msn
News Update :

Senin, 30 Januari 2012

Home » , , , , » Dua Kalimat syahadat adalah kalimat yang paling agung

Dua Kalimat syahadat adalah kalimat yang paling agung

Dari Jabir Radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau berkata, “Saya mendengar Rosulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”
أَفْضَلُ الذِّكْرِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
“Dzikir yang paling utama (diucapkan oleh seseorang) adalah la ilaha illallah.” (Diriwayatkan oleh Thirmidzi, hadist hasan shahih). Dan Rosulullah telah bersabda,

Imam Nawawi didalam kitabnnya “Nuzhatul Mutaqin” menjelaskan hadist diatas bahwa kalimat tauhid merupakan kalimat yang paling utama untuk diucapkan, karena didalamnya mengandung penetapan pada keEsaan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan penafian (peniadaan) dari segala bentuk kemusyrikan. Kalimat tersebut juga merupakan kalimat yang paling utama diucapkan oleh para Nabi, karenanya mereka diutus, dibawah panjinya mereka berperang, dengan menegakkannya mereka mendapatkan kesyahidan, dan kalimat tersebut adalah kunci pembuka syurga serta penyelamat dari neraka.

Di dalam tafsir Al-jami’ liahkaml qur’an juga dijelaskan bahwa, kalimat La ilaha illallah lebih afdhol dari pada kalimat al-hamdu. Karena didalamnya mengandung pencegahan terhadap segala bentuk kekufuran dan kesyirikan, dan karenanya manusia diperangi. Dan pendapat inilah yang diambil oleh Ibnu ‘Atiyah dan Al-Hakim mereka berdalil dengan hadist yang diriwayatkan oleh
أَفْضَلُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُوْنَ مِنْ قَبْلِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ
“Kalimat yang utama saya ucapkan dan para Nabi sebelum saya, adalah adalah la ilaha illallah wahdah laa syari kalah (tiada tuhan yang disembah yang tiada sekutu baginya).
Share this article :

Posting Komentar